Pemrograman Berbasis Grafis (GUI)
GUI adalah
pemrograman berbasis desain user interface yang dilakukan di atas suatu area
desain yang disebut FORM. Pemrograman berbasis grafis akan menggunakan tool
bernama GUI editor sekaligus memeiliki Integrated Development Environment (IDE)
sehingga pemrograman grafis biasanya relatif lebih mudah dan lebih disukai
programmer.
Borland
C++ Builder
Borland C++ Builder
adalah sebuah bahasa pemrograman visual berorientasi objek dikembangkan oleh
Borland menggunakan bahasa C++ sebagai compiler, dengan lingkungan pemrograman
visual untuk RAD (Rapid Development Application).
IDE Borland C++
Builder dibagi menjadi 6 bagian utama:
• Menu
• Speed Bar
• Component
Pallete
• Form
Designer
• Editor
Code
• Object
Inspector
Berikut capture an dari pembagian tersebut :
Prinsip Dasar Property dan Event pada Komponen Grafis
1.
Property / Data / Field / Attribute
Properties adalah apa yang “melekat” pada suatu
komponen, baik visual maupun nonvisual, misalnya name, caption, width, height.
2.
Method / Behaviour / Event
Method : sering disebut Events, merupakan
kejadian-kejadian yang dilakukan/dikenakan pada suatu komponen, baik
visual/non-visual, misalnya onClick, onDoubleClick, onMouseDown.
CONTOH
PROGRAM GRAFIS SEDERHANA
Aplikasi sederhana ini hanya menampilan
beberapa karakter. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
1. Pertama-tama kita buka terlebih dahulu
software C++ Builder (Penulis menggunakan C++ Builder CodeGear 2007).
2. Lalu pilih menu File
New VCL Forms Application – C++ Builder.
3. Lalu akan muncul Form yang masih kosong.
Kemudian kita beri beberapa komponen yang digunakan dalam pembuatan aplikasi
tersebut. Adapun komponen-komponen tersebut adalah:
Berikut ini tampilan form nya:
5. Kemudian masukkan kode program
berikut ke dalam tiap-tiap tombol dengan cara Double Click pada masing-masing
tombol.
-
untuk Tombol Hello
void __fastcall TForm1::HelloClick(TObject *Sender)
{
Label1->Caption="Selamat Datang dan Mencoba Programmer C++ Builder";
}
void __fastcall TForm1::HelloClick(TObject *Sender)
{
Label1->Caption="Selamat Datang dan Mencoba Programmer C++ Builder";
}
-
untuk Tombol Hapus
void __fastcall TForm1::HapusClick(TObject *Sender)
{
Label1->Caption="";}
- Untuk Tombol Sedang
void __fastcall TForm1::SedangClick(TObject *Sender)
{
Label1->Font->Size=12;}
- Untuk Tombol Besar
void __fastcall TForm1::BesarClick(TObject *Sender)
{
Label1->Font->Size=26;}
- Untuk Tombol Selesai/Keluar
void __fastcall TForm1::SelesaiClick(TObject *Sender)
{
Close();}
6. Kemudian anda jalankan program tersebut dengan menekan F9 atau RUN.
Berikut Ini adalah Tampilan akhir dari program di atas :
void __fastcall TForm1::HapusClick(TObject *Sender)
{
Label1->Caption="";}
- Untuk Tombol Sedang
void __fastcall TForm1::SedangClick(TObject *Sender)
{
Label1->Font->Size=12;}
- Untuk Tombol Besar
void __fastcall TForm1::BesarClick(TObject *Sender)
{
Label1->Font->Size=26;}
- Untuk Tombol Selesai/Keluar
void __fastcall TForm1::SelesaiClick(TObject *Sender)
{
Close();}
6. Kemudian anda jalankan program tersebut dengan menekan F9 atau RUN.
Berikut Ini adalah Tampilan akhir dari program di atas :
Mata kuliah : Bahasa Pemrograman
Prodi : T. Elektro Industri
Universitas Negeri Padang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar