WELCOME TO MY BLOG

Kamis, 10 Maret 2016

Pengantar IAD

Pengantar Ilmu Alamiah Dasar
Ilmu Alamiah Dasar (IAD) merupakan salah satu mata kuliah yang termasuk mata kuliah wajib universitas (MKWU) dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ilmu alamiah dasar wajib diikuti oleh setiap mahasiswa pada semua program studi terutama untuk program studi non exacta dengan maksud memperkenalkan konsep-konsep dasar alamiah dalam menunjang dan melandasi  pengetahuan mahasiswa dalam memahami, mengkaji dan menerapkan pengetahuan lainnya, khususnya pemecahan-pemecahan masalah, teori maupun konsep ilmu yang berkaitan dengan alam.
Materi ilmu alamiah dasar ini tentu saja hanya bersifat dasar, umum dan pengantar yang berkenaan dengan fenomena alam dan daya fikir manusia hingga mampu memperoleh budaya modern yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Ilmu alamiah dasar bukan merupakan suatu disiplin ilmu, melainkan suatu pengetahuan tentang konsep-konsep dasar yang ada dalam ilmu pengetahuan alam dan teknologi (IPTEK). Tujuan pembelajaran dari ilmu alamiah dasar dimaksudkan untuk mengembangkan dan memperluas wawasan pengetahuan serta membantu mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berperilaku terhadap lingkungan.
Berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 232/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, menetapkan bahwa mata kuliah ilmu alamiah dasar merupakan kelompok Mata Kuliah Berkehidupan Bersama (MBB). MBB merupakan kelompok bahan kajian dan pelajaran yang diperlukan seseorang untuk dapat memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.
Lulusan Program Sarjana Strata Satu (S1) diarahkan memiliki kualifikasi sebagai berikut :
Menguasai dasar–dasar ilmiah dan ketrampilan dalam bidang keahlian tertentu sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam kawasan keahliannya.
Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama.
Mampu bersikap dan berprilaku dalam membawakan diri berkarya pada bidang keahliannya dan mampu dalam berkehidupan di masyarakat.
Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian yang merupakan keahliannya.
Lulusan Perguruan Tinggi diharapkan memiliki kemampuan dengan kualifikasi akademik, profesional dan personal. Lulusan juga diharapkan;
memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral dalam bersikap terhadap permasalahan kehidupan baik sosial, ekonomi, politik, kebudayaan, ketahanan dan keamanan, maupun persatuan bangsa.
memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan bersama-sama mampu berperan serta meningkatkan kualitas budaya maupun lingkungan alamiah dan secara bersama-sama pula berperan dalam pelestariannya.
 HAKIKAT DAN RUANG LINGKUP IAD
Hakekatnya IAD bukanlah merupakan suatu disiplin ilmu, melainkan suatu pengetahuan tentang konsep–konsep dasar yang ada dalam Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi. Pelaksanaan perkuliahan IAD ditujukan untuk membantu para mahasiswa agar memiliki pandangan yang lebih luas dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam, serta mendekati persoalan pengetahuan alam dengan penalaran yang lebih komprehensif.
Perkuliahan IAD dimaksudkan untuk mengembangkan dan memperluas wawasan pengetahuan mahasiswa serta mencoba untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan personalnya. Setiap mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan IAD diharapkan cukup peka dan tanggap dan penuh rasa tanggung jawab terhadap berbagai masalah perkembangan IPA dan Teknologi disamping masalah sosial dan budaya yang ada dalam masyarakatnya, serta lingkungan hidup yang sering kali merupakan suatu proses yang terjalin secara tidak terpisahkan.
Sasaran perkuliahan IAD adalah agar mahasiswa yang mengikuti mata kuliah IAD dapat memperoleh dan memahami pengetahuan yang ada termasuk dalam bidang IPA dan Teknologi, serta dapat menanggapi dan menghargai pengetahuan tersebut. Mata kuliah IAD tidak dimaksudkan untuk memberikan dasar pengetahuan yang mendalam, melainkan memberikan suatu pandangan mengenai perkembangan IPA dan Tekonologi yang merupakan faktor penting dalam kehidupan manusia dan sumberdaya alam serta lingkungan hidupnya. Setelah mempelajari mata kuliah IAD, diharapkan mahasiswa dapat memperkaya cakrawala wawasannya terhadap ilmu alamiah dan teknologi, dapat menjaga kelestarian lingkungan hidup secara arif dan bertanggung jawab serta dapat menggunakan teknologi tepat guna.

IAD SEBAGAI BAGIAN DARI MATAKULIAH BERKEHIDUPANBERMASYARAKAT (MBB)
Memperhatikan hakikat, ruang lingkup IAD dan pengelompokkan mata kuliah maka mata kuliah IAD dapat dimasukkan dalam kelompok MBB, bersama mata kuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (ISBD). Keterkaitan dan perlunya MBB untuk mendukung bidang ilmu lain, IPS, IPA maupun Budaya, dapat ditunjukkan pada Gambar 1.
Komponen MBB yang wajib diasuh dalam setiap program studi dan berlaku nasional bertujuan untuk mengantarkan mahasiswa mengembangkan kemampuan pemahaman serta penguasaan tentang :
Keanekaragaman, kesederajatan, dan kemartabatan manusia sebagai individu dan makhluk sosial di dalam kehidupan bemasyarakat dengan berpedoman kepada kebudayaan melalui pranata pendidikan, serta tanggung jawab manusia terhadap sumber daya alam dan lingkungannya dalam berkehidupan bermasyarakat, baik nasional maupun global, yang membatasi tindak kekaryaan seseorang sesuai dengan kompetensi keahliannya.

Ilmu Lingkungan

IPS

IPA

MBB

IPB

Futurology
(Teknologi)

Psikologi





 Berdasarkan kelengkapan struktur kurikulum inti tersebut maka diharapkan lulusan perguruan tinggi mempunyai kemampuan akademik, profesional dan personal.
a. Kemampuan akademik merupakan kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, menguasai peralatan analisis, berpikir logis, kritis, sistematis, tidak emosional, serta memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi serta merumuskan masalah yang dihadapi. Dengan cara pemikiran serta berperilaku tersebut, Seseorang yang berpendidikan tinggi mampu memberikan alternatif pemecahan masalah yang dihadapi.
b. Kemampuan profesional merupakan kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli bersangkutan. Dunia pengetahuan makin memiliki kekhususan (spesifikasi) yang perlu dihadapi secara profesional. Untuk menjadi seorang sarjana diperlukan beberapa waktu, tetapi untuk memiliki kemampuan profesional diperlukan waktu yang lebih lama lagi, sehingga seorang sarjana diharapkan bukan hanya ahli dalam bidangnya, tapi juga memiliki ketrampilan yang diterapkan dalam kehidupan di masyarakat.

c. Kemampuan personal merupakan kemampuan kepribadian. Dengan kemampuan tersebut, para ahli diharapkan memiliki pengetahuan, sehingga mampu menunjukkan sikap, tingkah laku, dan tindakan yang mencerminkan kepribadian bangsa. Disamping itu, dapat memahami dan mengenal nilai–nilai keagamaan, kemasyarakatan dan kenegaraan, serta memiliki pandangan yang luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi masyarakat Indonesia. Kemampuan personal diperoleh terutama dari MBB

Dibuat oleh : Shamaratul Fuadi
Mata kuliah : Ilmu Kealaman Dasar
Prodi : T. Elektro Industri

Universitas Negeri Padang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar